Membuat Mikrotik Menjadi repeater

Setelah sebelumnya saya mengupgrade mikrotik ke versi terbaru (6.35), kali ini saya akan berbagi tentang membuat mikrotik sebagai repeater. Fungsi ini hanya bisa dijalankan dengan mikrotik versi terbaru dan dengan menambahkan wirelles-rep (repeater). Cara menambahkan paketnya sangat mudah tinggal anda ekstrak all paket yang sudah anda download lalu seret file wirelles-rep ke file list mikrotik. Setelah dimasukkan anda reboot dan otomatis paket wirelles-rep akan menggantikan paket wirelles sebelumnya.

berikut langkah langkahnya :

1. masuklah ke winbox lalu pilih menu wirelles.

2. aktifkan wirelles anda dengan cara diklik lalu klik tanda centang.

3. setelah aktif anda klik dua kali dan pidahlah ketab wirelles. Scan mikrotik yang akan anda jadikan sebagai sumber internet utama.
4. disini saya akan menggunakan SMKKLW sebagai sumber utama akses internet. Klik SMKKLW lalu konekkan.
5. nanti  otomatis station akan berubah menjadi station brigde. Klik apply lalu ok.
6. kemudian klik add pada interfaces lalu pilih virtual. Buatlah menjadi ap brigde lalu SSIDnya terserah anda. Nanti virtual WLAN ini yang akan memancarkan kembali wifi SMKKLW.
7. nanti akan menjadi seperti ini. WLAN 1 sebagai station atau penerima koneksi dari SMKKLW sedangkan WLAN 2 sebagai pemancar ulang wifi SMKKLW.
8. setelah WLAN dikonfigurasi, kita lanjut kekonfigurasi brigde. pilih brigde lalu kita isikan nama. Agar tidak lupa kita isikan misalnya brigde repeater. 
 

9. kemudian masuklah ke port lalu kita brigding wlan 1 dan wlan 2 agar terhubung. Caranya seperti gambar diatas.
              

10. setting selanjutnya yaitu firewall. Pilih NAT chain=srcnat dan outinterfacesnya=bridge-repeater. Action kita pilih masquerade.
11. karena mikrotik-repeater tidak bisa login secara web ke mikrotik SMKIT maka kita bindings agar bisa terhubung tanpa harus login. Klik ip > hotspot > ip bindings. Masukkan MAC addressnya WLAN. Anda bisa cek di wirelles lalu general. Type nya anda isikan dengan bypassed. Klik apply lalu ok.

12. nah mikrotik sekarang sudah menjadi repeater. Ketika saya ingin browsing, maka langsung dialihkan ke hotspot mikrotik yang sama persis dengan hotspot SMKIT. Jadi anda bisa konek kedua duanya dengan alamat yang sama.


EmoticonEmoticon