JENIS JENIS JARINGAN


Jenis-Jenis kabel Jaringan
 
 
Assalammualaikum wr.wb
pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita sehingga saya dapat dapat memposting yang saya pelajari di BLC.
 
  
1. Kabel koaksial
        kabel koaksial adalah suatu kabel berupa kawat  memiliki 2 lapisan pembungkus kabel tersebut yaitu konduktor dan mempunyai fungsi masing-masing.
  
2. Twisted Pair
     kabel Twisted Pair ini dibedakan menjadi 3 yaitu kabel Unshieded Twisted 
     Pair (UTP), Foiled twisted Pair (FTP), Shielder Twisted Pair (STP).

  • Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
         Kabel  Unshielded Twisted (UTP) adalah suatu kabel dimana terdapat 4  kabel yang saling berhubungan/berlilitan dalam kombinasi warna yang berbeda. adapun warna yang ada didalam kabel utp yaitu hijau,biru,coklat,putih biru,putih coklat,putih hijau.

 Kabel UTP dibedakan menjadi 2 cara penyusunan kabel yaitu
  1. Kabel straight
  2. Kabel cross
Hasil gambar untuk kabel utp 
  • Kabel Foiled twisted Pair (FTP)
            Foiled twisted Pair (FTP) hampir sama dengan kabel UTP, Perbedaannya hanya saja kabel FTP dilindungi oleh semacam foil/alumunium yang berda di dalam kabel.
Hasil gambar untuk kabel ftp
  • Kabel Shielder Twisted Pair (STP)
           Shielder Twisted Pair adalah kabel yang sempurna karna kabel ini hampir sama dengan kabel UTP dan FTP yang memiliki 4 pasang kabel yang dililitkan dengan kombinasi yang berbeda. Perbadaan kabel ini denagn kabel UTP dan FTP adalah pelindung kabel yang digunakan.
Hasil gambar untuk kabel stp 
3. Fiber Optik 
     Fiber Optik adalah kabel ini tedak seperti kabel yang sebelumnya, kabel ini terbuat dari serat, kaca, plastik yang sangat tipis. Kabel ini mampu mengirim data sangatlah cepat, melalui cahaya yang dihasilkannya biasanya Fiber Optik ini digunakan oleh perusahaan multinasional.
Hasil gambar untuk kabel fiber optik 






















EmoticonEmoticon