Konfigurasi Hospot Mikrotik RB 951

 Assalamualaikum wr.wb
pada hari ini saya akan memposting Tutorial Setting Mikrotik 951.
selamat memcoba....


 1. Setting ip address komputer yang masih satu subnet dengan ip default dari router tersebut.


2. Buka winbox, Connect ke router mikrotik kita dengan menggunakan MAC Address.

3.Setelah di save maka akan muncul tampilan Mikrotik.



4.pada tampilan ini klik system->identity


5.kemudian muncul tampilan seperti ini lalu beri nama untuk mikrotik yang kita disetting. lalu klik apply ->ok




6.kemudian klik system, pilih clock untuk mengatur waktu pada mikrotik kita pilih time zone name "Asia/Jakarta" dan atur time,date sesuai dengan tanggal dan waktu seting mikrotik.



7.Klik 'Interfaces', lalu berikan nama pada setiap ether atau port pada router. Nama terserah sesuai keinginan. Disini, saya berikan nama pada ether2 adalah 'LAN'. Dengan cara meng-klik terlebih dahulu ether yang akan kita beri nama, lalu klik ikon surat kuning di atas type. Pilih 'wlan1' dan  klik tada 'v' untuk mengaktifkan fitur wirelessnya. Setelah selesai memberi nama klik Ok.


8.kemudian klik "IP" dan pilih addres untuk mengatur ip addres setiap port pada mikrotik kita. pilih tanda + pada tab Address List.
Misal pada ether2, saya berikan ip 192.168.18.1/24. Klik Apply lalu Ok.


9. Selanjutnya kita berikan dns server pada mikrotik agar nanti dapat mendapatkan akses internet untuk setiap port pada router. Caranya klik IP – DNS. Pada tab 'DNS Settings' kita berikan dns server pada kolom 'Servers'. Disini saya memberikan ip 202.134.0.155 dan 202.134.1.10 yang merupakan ip dari telkom Klaten. Setelah itu ceklist pada tulisan 'Allow Remote Request', klik Apply lalu klik Ok.

10.Lalu setting gateway pada mikrotik, caranya pilih IP - Routes. Klik tombol + dan isikan ip gatewaynya di kotak gateway. Disini saya menggunakan ip 192.168.13.1
11. Kemudian klik IP – DHCP Server. Pilih DHCP Setup untuk membuat DHCP Server pada mikrotik kita.  Tentukan ether mana yang akan di pakai untuk DHCP Server, biasanya port yang digunakan adalah port yang di hubungkan dengan jaringan lokal. Klik next. Untuk Selanjutnya tinggal klik next terus sampai muncul DHCP Setup Succesfully.

12. Kita buat firewall pada mikotik kita. Klik IP – Firewall – NAT. Pada kolom 'Out Interface' arahkan pada ether1. Selanjutnya klik tab Action, pilih 'masquerade'.
 
13. Pilih IP – Hotspot, kemudian pilih Hotspot Setup dan arahkan pada wlan1. Untuk membuat hotspot dengan fitur wireless pada mikrotik RB 951. KLik 'Next' terus.
14. Setelah di klik next terus, akan muncul kolom DNS Name. Isikan dengan nama page login hotspot kita nanti. Klik next dan hotspot setup sudah selesai.
15. Kemudian akan disuruh memasukkan username dan password untuk login ke hotspot kita. Klik next.
 
16. Kemudian pilih 'Wireless', dan klik 'wlan1'. Pilih tab 'Wireless'. Isikan mode: ap bridge, band: 2GHz- B/G/N, SSID: 'sesuai keinginan' misal SMKKLW, frequency: 'sesuai dengan frekuensi yang ada di sekitar'.
17. Untuk mengetahui frekuensi disekitar, kita dapat menggunakan fitur pada mikrotik yaitu 'Scan'. Kemudian akan muncul beberapa frekuensi yang telah digunakan pada area tersebut. Pilihlah frekuensi yang belum digunakan dan usahakan frekuensinya adalah frekuensi yang rendah agar dapat ditangkap oleh berbagai perangkat. Setelah semua di setting, klik Apply dan Ok.
  18. Hotspot telah selesai,,


,,SELAMAT MENCOBA,,,

Wassalamualaikum wr.wb


EmoticonEmoticon