PEMBELAJARAN PERTAMA DI  BLC-TELKOM

 PEMBELAJARAN PERTAMA
Jaringan komputer adalah sekumpulan peralatan atau komputer yang salingdihubungkan untuk berbagi sumber daya.
Peralatan jaringan yang umum dipakai adalah sbb:
1. MODEM
Modemberasal dari singkatan MOdulatorDEModulator.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dansiap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan
 sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal   pembawa yang diterimasehingga informasi tersebut dapatditerima dengan baik.Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alatkomunikasi dua arah.
Jenis Modem :
a.Modem ADSL
     Modem teknologi ADSL(Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secaralangsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedangmenggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan,sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa.Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
2 tipe modem ADSL:
1) modem USB
 2)Modem ethernet/LAN port

Hasil gambar untuk modem adsl ethernet/LAN port

         b. Modem GSM/CDMA
         Modem GSM/CDMA support dengan tipe jaringan GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA yangmerupakan layanan internet dari operator selular.Modem GSM/CDMA memakaikoneksi USB untuk terhubung ke komputer client.
 



c.Modem Satelit/VSAT
VSAT(dalam bahasa Inggris, merupakan singkatan dari ery SmallApertureTerminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerimaberbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSATadalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagaipenerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringanVSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasionermerupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan denganperputaran bumi pada sumbunya yang
dimungkinkan karena mengorbit pada titikyang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

Komponen VSAT, terdiri dari:
•Unit Luar (Outdoor Unit(ODU):
1.Antena/dish/parabola ukuran 2 hingga 4 kaki (0.55-2.4 m), yang dipasangpada atap, dinding atau di tanah.
2.BUC (Block Up Converter), yang menghantarkan sinyal informasi kesatelit.Juga sering disebut sebagai Transmitter (Tx).
3.LNB (Low Noise Block Up), yangmenerima sinyal informasi dari satelit.Juga sering disebut sebagai Receiver (Rx).
•Unit Dalam (
Indoor Unit(IDU)):
1.Modem (Modulator / Demodulator), sebuah alat dipanggil Return ChannelSatellite Terminal yang menyambungkan dari unit luar dengan IFL kabelberukuran panjang tidak lebih 50 meter.
2.IFL (Inter Facility Link). Merupakan media penghubung antara ODU&IDU.Fisiknya biasanya berupa kabel dengan jenis koaksial dan biasanyamenggunakan konektor jenis BNC (Bayonet Neill-
Concelman)
d.Modem Kabel
Modem kabel digunakan untuk untuk koneksi internet via saluran TV kabel. Kabelyang digunakan tipe coaxial.

2.HAB dan SWITCH
Secara fisik HUB dan SWITCH sama,kegunaan secara umum pun sama yaitu menghubungkan antara device jaringan dan/atau antara komputer dalam jaringan. Tetapisebenarnya cara kerjanya berbeda jauh.
a.HUB
Hub merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beroperasipada layer 1 (Physical Layer). Maksudnya, hub tidak menyaring menerjemahkan sesuatu, hanya mengetahui kecepatan transfer data dan susunan pin pada kabel.Cara kerja alat ini adalah dengan cara mengirimkan sinyal paket data ke seluruhport pada hub sehingga paket data terse
but diterima oleh seluruh computer yang
berhubungan dengan hub tersebut kecuali computer yang mengirimkan.Sinyalyang dikirimkan tersebut diulang
-ulang walaupun paket data telah diterima oleh
komputer tujuan. Hal ini menyebabkan fungsi
colossion
lebih sering terjadi.
Misalnya ketika ada pengiriman paket data dariport
A keport B dan pada saatyang sama ada pengiriman paket data dari port C keportD, maka akan terjadi tabrakan (collision) karena menggunakan jalur yang sama (jalurbroadcastyangsama) sehingga paket data akan menjadi rusakyang mengakibatkan pengirimanulang paket data. Jika hal ini sering terjadi makacollisonyang terjadi dapatmengganggu aktifitas pengiriman paket data yang barumaupun ulangan. Hal inimengakibatkan penurunan kecepatan transfer data. Oleh karena itu secara fisik,hubmempunyai lampuledyang mengindikasikan terjadicollisionm.Ketika paket data dikirimkan melalui salah satuportpadahub, maka pengirimanpaket data tersebut akan terlihat dan terkirim ke setiapportlainnya sehinggabandwidthpadahubmenjadi terbagi ke seluruhportyang ada.Semakin banyakportyang tersedia padahubmakabandwidthyang tersedia menjadi semakinkecil untuk setiapportHal ini membuat pengiriman data pada hub dengan banyak portyang terhubung pada komputer menjadi lambat.
 

b.SWITCH
Switch merupakan suatu device pada jaringan yang secara konseptual beradapada layer 2 (Datalink Layer)dan ada yang layer 3 (Network Layer). Maksudnya,switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (NetworkInterface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.Jika adacollisionyang terjadi merupakan collision pada port-portyang sedangsaling berkirim paket data. Misalnya ketika ada pengiriman paket data dari port A keport B dan pada saat yang sama ada pengiriman paket data dari port C ke portD, maka tidak akan terjadi tabrakan (collision) karena alamat yang dituju berbedadan tidak menggunakan jalur yang sama. Semakin banyak port yang  tersedia pada switch, tidak akan mempengaruhibandwidthyang tersedia untuk setiapport.Ketika paket data dikirimkan melalui salah satu port pada switchmaka pengiriman paket data tersebut tidak akan terlihat dan tidak terkirim ke setiapportlainnyasehingga masing-masing port mempunyai band width yang penuh. Hal inimenyebabkan kecepatan pentransferan data lebih terjamin.
SELESAI........ :)




sumber : http://10.0.17.2/data/eBook%20TKJ/Dasar-Dasar-Jaringan-Komputer-Revisi-2012.pdf


EmoticonEmoticon