TCP/IP

Assalamualaikum wr.wb
 pada hari ini saya akan memposting materi TCP/IP yang di ajar kan oleh mbah suro,,
sebelum kita ke mikrotik terlebh dahulu kita harus mengerti tentang apa itu TCP/IP,,,


TCP (Transmission Control Portal) adalah protokol kendali transmisi/protokol internet adalah gabungan dari protokol TCP dan IP (Internet Protokol) sebagai sekelompok komputer yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer kekomputer lain di dalam jaringan internet dalam yang akan memastikan memastikan pengiriman data sampai ke alamt yang di tuju.

Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol setandar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk jaringan yang luas (WAN).

TCP merupakan sebuah setandar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan dimana saja. Protokol ini mengunakan sekema pengalamatan yang sederhana yang disebut alamat IP (IP Address) yang mengizinkan beberapa  ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di internet. Protokol ini juga bersifat routable yang bearti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda seperti microsoft windows dan keluarga Unix untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu. Pengembangan dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet society (ISOC), Internet Archicture Board (IAB), Internet Engineering Task Force (IETF).

Wassalamualaikum wr.wb

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_protocol_suite


EmoticonEmoticon